Ditanya Anggaran Kegiatan Stunting, Kabid Diskes S

LSM LPKR Sesalkan Diskes Pekanbaru  Gelar Kegiatan di Hotel

Ketua LSM LPKR Andrewes

Laporan Hendri Zainuddin
Pekanbaru

   Di Masa Pandemi Covid-19 ini, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru (Diskes) sering melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak di hotel.

Hal ini tentu sangat rentan dengan munculnya claster baru, karena dinilai tamu atau peserta yang datang ramai. Bahkan, dalam bulan ini saja tercatat sudah dua kali Diskes Pekanbaru mengelar kegiatan stunting di hotel tersebut.

Pada kegiatan pertama dilaksanakan Diskes pada Selasa (2/3/2021) dan yang kedua Selasa (9/3/2021) ini.

Menyikapi hal itu, Ketua LSM Lembaga  Pemerintah Kesejahteraan Rakyat (LPKR) Provinsi Riau Andrewes saat dikonfirmasi Kiblatriau.com Selasa (9/3/2021) sangat menyesalkan dan  kecewa apa yang telah dilakukan oleh Diskes Kota Pekanbaru yang mengelar kegiatan di hotel tersebut.

Terlebih lagi, kata pria tegap ini, bahwa saat ini Kota Pekanbaru masih dilanda pandemi covid-19' sehingga akan muncul claster baru, sebab diperkirakan mengumpulkan orang ramai. Selain itu, kondisi keuangan Pemko Pekanbaru.lagi sulit.

"Ya kita sangat sayangkan Diskes sering mengelar kegiatan di hotel. Ini sebenarnya tak baik juga. Terlebih lagi, anggaran Pemko sekarang lagi sulit, tapi ironisnya Diskes melaksanakannya di hotel dan bermewah-mewahan. Seharusnya kegiatan seperti ini, bisa dilaksanakan di aula kantor dinas. Dengan begitu, dana yang digunakan tidak semahal.menyewa hotel. Kita tentu membayangkan, jika buat acara di hotel  anggarannya cukup besar. Dan ini seolah-olah menghambur-amburkan uang saja," sesal Andrewes dengan nada tinggi.

Andrewes menambahkan, bahwa di masa sulit ini, seharusnya pihak Diskes Kota Pekanbaru harus bisa tanggap dan memahami  kondisi yang saat ini terjadi.

"Bagusnya kegiatan itu (stunting red) tidak dilaksanakan di hotel. Dengan begitu, dana untuk sewa hotel , kosumsi dan lain-lain bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang saat ini bisa membutuhkannya," tegas Andrewes.

Sementara itu, Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy saat dikonfirmasi wartawan melalui Kabid  Kesehatan Masyarakat  dr Hariya Deatzy mengatakan, bahwa kegiatan tersebut tidak sering dilakukan di hotel."Ngak juga," jawabnya nelalui pesan singkat Whasaap.

Ketika ditanyakan kegiatan yang dilakukan tersebut mengunakan anggaran dari mana." Ya anggaranya dari APBN. Untuk besarannya anggaran itu saya lupa pak," singkatnya.

Untuk menambah data konfirmasi terkait kegiatan yang dilakukan Diskes Pekanbaru, Kiblatriau.com mencoba melakukan konfirmasi melalui Kasi Kesga Yunita Riska. Namun, saat itu Riska tidak menjawab pertanyaan yang dilayangkan kepadanya melalui pesan Whasaap. Pertanyaan yang disampaikan hanya dibaca saja, tetapi tidak dibalas.

Sebagaimana diketahui , Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengelar acara sosialisasi stunting dengan lintas sektor dan pembentukan tim pencegahan dan penanganan stunting di Kota Pekanbaru. Selanjutnya juga mengelar kegiatan pertemuan kordinasi tim pencegahan dan penurunan stunting. ***
   
 



 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar